Penggemar K-Pop? Gabung Bersama Komuniti Ini Saja

Bandung terkenal dengan suasana kota yang menyenangkan. Selain dapat mempelajari bidang kulinari mahupun fesyen dan menangkap foto cantik di Bandung, Anda juga boleh kenal lebih dekat dengan Bandung Korea Community atau komuniti Hansamo.

“Bandung Korea Community ini merupakan satu-satunya komuniti budaya Korea yang diakui pemerintah Korea. Jadi kita memang sudah banyak mendapatkan bantuan dari Kedutaan Pemerintah Korea Selatan yang ada di Jakarta,” jelas Vice President Bandung Korea Community, Dewi Sri Rahayu kepada Suara.com.

Gambar hiasan: Hansamo

Dewi mengatakan, Bandung Korea Community memiliki nama lain, yaitu Hansamo, agar dapat mempermudah masyarakat Korea Selatan untuk mengenal mereka. Hansamo merupakan singkatan dari Hangugeul Saranghaneun Saramdeuri Moim.

“Ertinya, kumpulan yang mencintai Korea. Nah, yang memberi nama kita (Hansamo) adalah bekas ketua masyarakat Korea di Bandung,” papar Dewi.

Gambar hiasan: Hansamo

Komuniti Hansamo sudah berdiri di Bandung sejak 10 September 2006. Awalnya, Dewi dan 14 rakannya yang sama-sama mencintai drama Korea berkumpul, dan membuat sebuah forum di dunia maya untuk fokus mengenai segala hal tentang Korea.

Saat ini, komuniti Hansamo memiliki anggota hingga 1,800 dengan wakil 90 peratus anggota asal Bandung, dan sisanya berada di daerah lain seperti Jakarta dan wilayah Jawa Barat lain.

Gambar hiasan: Hansamo

Meski banyak dan tersebar, Dewi mengakui, anggota aktif dalam komuniti Hansamo berkisar pada angka 100 hingga 200 orang.

Hansamo sebagai komuniti budaya Korea memiliki beberapa program kerja, di antaranya kelas Bahasa Korea, kelas modern dance, kelas traditional dance, kelas vocal group dan kelas break dance.

Komuniti ini juga menjadi tempat ahli kumpulan untuk bertukar informasi segala hal berkenaan Korea, seperti drama Korea, artis Korea, makanan Korea, dan lainnya.

Baca lagi: 4 Hal Penting Untuk Dilakukan Sebelum Mengundurkan Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *