Menggemari Makanan Manis, Boleh Jadi Disebabkan Hati Anda

Dalam sebuah penelitian, beberapa orang dinilai memiliki masalah pada hati mereka, hingga membuatkan lebih menginginkan rasa manis dari yang lain. Disebabkan itu, jangan menyalahkan keinginan, namun salahkan hati anda.

Peneliti University of Copenhagen mengungkapkan, beberapa orang memiliki variasi hormon yang membuat mereka menginginkan lebih banyak makanan manis. Saat kita mengambil makanan manis, hati mengeluarkan hormon yang disebut FGF21.

Gambar hiasan: Food

Mereka menemukan, orang dengan varian genetik FGF21 sekitar 20 peratis lebih besar kemungkinan untuk mengidamkan makanan manis seperti kek dan coklat.

Matthew Gillum, pembantu profesor ilmu biologi yang memimpin penelitian tersebut dengan Niels Grarup, seorang profesor genetik metabolik di Universiti Kopenhagen, mengatakan,  penyelidikan ini juga mewujudkan gagasan baru tentang peranan hati dalam mengendalikan apa yang kita makan. Kerana begitu apabila makanan telah melewati perut dan usus, nutrisi organ berikutnya adalah hati.

Gambar hiasan: Food

Para penyelidik membuat perhitungan, hati juga boleh mengeluarkan hormon lain yang memandu pilihan makanan secara lebih luas.

“Bagaimana kita memutuskan apa, dan berapa banyak yang kita ingin dimakan? Mungkin kenyang terdiri dari jalur berbeza yang mengendalikan berbagai jenis nutrisi. Penelitian ini telah membuka fikiran saya bagaimana sistem pengaturan ini mampu berjalan,” jelas Prof. Gillum.

Penemuan ini sejajar dengan kelompok lain yang menunjukkan, bahawa hormon tersebut berpengaruh pada kelompok monyet. Namun, untuk pertama kalinya mereka memulakan ujian ke atas manusia.

Gambar hiasan: Food

Para peneliti fokus pada dua varian hormon yang ada pada penelitian sebelumnya, dan dikaitkan dengan peningkatan zat karbohidrat.

Kajian ini juga mengungkapkan bagaimana hubungan antara varian dan peningkatan pengambilan alkohol dan juga merokok. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengesahkan hubungan tersebut.

Baca lagi: Hati-Hati, Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Serangan Jantung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *