Menganggur, Hati-Hati Kematian Bakal Mengintai Penghidap Jantung!

Menganggur atau kehilangan pekerjaan ternyata mampu untuk meningkatkan risiko kematian sebanyak 50 peratus bagi pengidap penyakit jantung.

Risiko ini ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit lainnya, seperti diabetes dan stroke.

Gambar hiasan: Huffington Post

“Kehilangan pekerjaan membuatkan seseorang tertekan, sehingga turut berpengaruh pada kesihatan fizikal dan mental seseorang,” ujar peneliti Rasmus Roerth dari Copenhagen University Hospital di Denmark.

Selain itu, kehilangan status pekerjaan pada mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dapat meningkatkan risiko kecacatan dan kematian.

Gambar hiasan: ABC

Untuk mendapatkan penemuan ini, kumpulan peneliti menganalisis data pesakit penyakit jantung berusia 18-60 tahun di Denmark pada tahun 1997-2012. Dari 21.455 pesakit penyakit jantung, 11.880 di antaranya adalah pekerja.

Setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kadar pendidikan, pesakit penyakit jantung yang menganggur memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 50 peratus dan peningkatan risiko rawatan injap sebesar 12 peratus.

Gambar hiasan: Socio Worker

Melalui penelitian ini, Roerth berharap, status pekerjaan dapat menjadi salah satu dari faktor risiko yang harus diwaspadai para pesakit penyakit jantung agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu hospital dan klinik juga diharapkan dapat memberikan rawatan yang lebih intensif pada penderita penyakit jantung. Demikian seperti dipetik dari Boldsky.

Baca lagi: Jadi Ayah Di Usia Ini Tingkatkan Risiko Autisme Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *