Manusia Raksasa Ditemukan Di Makam Berusia 5.000 Tahun

Sejumlah pakar arkeologi telah menemukan beberapa potongan tulang dari manusia raksasa di Cina bahagian timur, demikian diberitakan pejabat berita Xinhua pada awal pekan ini. Tulang-belulang itu ditemukan di sebuah makam kuno di Provinsi Shandong dan dikirakan berusia sekitar 5.000 tahun.

Dari pengukuran tulang-belulang yang ditemukan, diketahui setidaknya ada seorang lelaki yang memiliki ketinggian minimum 1,9 meter dan beberapa jasad lain memiliki tinggi badan minimum 1,8 meter.

Gambar hiasan: The Sun

“Perhitungan ini hanya berdasarkan struktur tulang. Jika ia masih hidup, tingginya dipastikan di atas 1,9 meter,” kata Fang Hui dari fakulti sejarah dan budaya Universiti Shandong.

Sejak 2016 para arkeologi di Cina telah menggali runtuhan di desa Jiaojia, distrik Zhangqiu, dekat Kota Jinan, ibu kota Shandong. Di runtuhan itu terdapat 104 rumah, 205 makam, dan 20 lubang tempat dijadikan upacara persembahan.

Gambar hiasan: The Sun

Diduga fosil-fosil itu berasal dari kebudayaan Longshan, sebuah peradaban Neolitik di kawasan sekitar Sungai Kuning.

“Orang pada masa itu sudah mengenal apa itu pertanian, sudah menyebar, dan memiliki sumber makanan yang banyak. Kerananya fizikal mereka berubah,” jelas Fang.

Menurut Fang, pada masa itu masyarakat menanam jawawut dan telah memelihara babi sebagai sumber pangan. Di laman itu juga ditemukan tulang dan gigi babi.

Gambar hiasan: The Sun

Adapun tulang-belulang orang-orang bertubuh besar itu ditemukan dalam makam berukuran besar. Mereka diduga berasal dari kelompok masyarakat dengan status sosial lebih tinggi, yang memiliki akses lebih besar kepada sumber daya makanan.

Orang-orang Shandong sendiri dikenali dengan berpostur tubuh besar. Confusius, falsafah Cina yang berasal dari kawasan itu, khabarnya memiliki tinggi badan sekitar 1,9 meter.

Baca lagi: Jangan Bayar Tebusan Jika Komputer Anda Dirasuki Ransomware Petya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *