Inilah Dinosaur Terbesar Yang Pernah Dijumpai Mendiami Muka Bumi

Dinosaur terbesar yang pernah hidup di Bumi adalah berukuran lebih panjang dari kolam renang, lebih tinggi dari gedung yang bertingkat lima, dan juga lebih berat dari pesawat jumbo jet.

Dinosaur ini ditemukan berasal dari kelompok yang digelarkan sebagai Argentinosaurus yang hidup kira-kira 70-100 juta tahun yang lalu.

Gambar hiasan: DK Find Out

“Binatang ini ada di mana-mana dan ada banyak jenisnya,” kata Paul Barrett, pengkaji bahan purba yang bekerja di Museum Sejarah Alam di London, England.

“Namun bukan semuanya berukuran bagaikan raksasa, hanya beberapa saja yang mencapai ukuran yang cukup besar,” jelas Barrett.

Gambar hiasan: Dinosaur

Pengkaji menentukan ukuran dinosaur ini berdasarkan penemuan fosil dan kerana sering kali mendapatkan fosil yang tak lengkap, para pengkaji tak mampu untuk menetapkan ukuran secara pasti.

Prinsipnya, apabila semakin lengkap fosilnya yang berjaya ditemukan, makin tepat perkiraan bentuk dan saiznya.

Gambar hiasan: ABC

Tulang-belulang binatang purba raksasa ini begitu banyak ditemukan di Patagonia, Argentina, dan salah satu yang terbesar pernah ditemukan oleh seorang petani di gurun yang berhampiran dengan La Flecha pada 2014.

Tulang paha dinosaur yang ia temukan ini berukuran lebih tinggi dari ukuran manusia yang kebanyakannya.

Kumpulan pakar dari Museum Paleontologi, Egidio Feruglio menganggarkan tinggi keseluruhan dinosaur mencapai hampir 5,8 meter dengan panjang lebih dari 40 meter.

Baca lagi: ‘Charmed’ Musim Terbaru Kini Hampir Siap Dihasilkan Untuk Tayangan 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *